PERJANJIAN KERJA SAMA DEPARTEMEN ILMU EKONOMI FEB UNP DENGAN DEPARTEMEN ILMU EKONOMI UNIVERSITAS BRAWIJAYA FE UNP

Rabu, 8 November 2023 - Departement Ilmu Ekonomi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Negeri Padang melakukan Kerjasama dengan Departement Ilmu Ekonomi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Brawijaya. Perjanjian Kerjasama dilakukan di Ruang Sidang Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Negeri Padang. Selain melakukan Kerjasama dengan masing-masing Departemen, perjanjian Kerjasama juga berlangsung antara Fakultas Ekonomi dan Bisnis UNP dengan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Brawijaya, Program Studi Ekonomi Pembangunan FEB UNP dengan Program Studi Ekonomi Pembangunan FEB UB, dan Program Studi Magister Ilmu Ekonomi FEB UNP dengan Program Studi Magister Ilmu Ekonomi FEB UNP. Ada 4 perjanjian Kerjasama yang dilakukan secara langsung pada tanggal tersebut.

Tujuan dilakukannya Perjanjian Kerja Sama adalah untuk menjadi wadah bagi implementasi Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) dan menjalin kolabari maksimal antara kedua pihak guna peningkatan kompetensi mahasiswa dan peningkatan kualitas sumber daya yang dimiliki oleh kedua pihak. Ruang Lingkup Perjanjian kerja sama ini berupa 1) Pengembangan kerjasama penelitian (research collaboration); 2) Pelaksanaan seminar bersama (joint seminar); 3) Pelaksanaan kegiatan dosen tamu (visiting lecturer); 4) Pertukaran mahasiswa (student exchange); 5) Pemagangan mahasiswa (internship); dan Bidang lain yang disepakati oleh kedua belah pihak.

Pada kesempatan ini Dekan FEB UNP Prof. Perengki Susanto, SE, M.Sc, Ph.D menyampaikan bahwa PKS ini merupakan penyambung silaturahmi antara Fakultas Ekonomi dan Bisnis UNP dengan Fakultas Ekonomi dan Bisnis UB. Beliau juga mengucapkan terima kasih atas kesempatan Kerjasama yang dilakukan serta terimakasih kepada semua pihak yang hadir pada perjanjian Kerjasama tersebut. Dengan adanya Kerjasama dapat mengembangkan potensi dan meningkatkan sinergitas potensi sumber daya yang dimiliki untuk mewujudkan visi dan misi kedua belah pihak.

Perjanjian kerja sama ini memberikan banyak manfaat untuk mahasiswa dimana dapat memberikan pengalaman kerja melalui implementasi program merdeka belajar kampus merdeka (MBKM) terutama di bidang magang. Dengan adanya kerja sama mahasiswa dapat memberikan sumbangan pemikiran mengenai Collaborative Governance dalam Pengembangan kebudayaan Provinsi Sumatera Barat

Dekan fakultas ekonomi memberikan tindak lanjut yang bermanfaat kepada mahasiswa, jurusan dan dinas kebudayaan. Dekan juga menyampaikan bahwa PKS ini merupakan penyambung silaturahmi antara Jurusan Ilmu Ekonomi dengan Dinas Kebudayaan. Beliau juga mengucapkan terima kasih atas kesempatan kepada Kepala Dinas Kebudayaan Provinsi Sumatera Barat atas tindak lanjut Kerjasama ini. Dengan adanya Kerjasama ini kita sudah siap ikut ke dalam bagian pembangunan di sector kebudayaan provinsi Sumatera Barat.

Pada kesempatan ini Kepala Dinas Kebudayaan mendukung apa yang menjadi rencana kedepan untuk perkembangan Pendidikan yang diperoleh oleh mahasiswa sehingga mahasiswa dapat berdaya saing ketika sudah menjadi lulusan pada Departemen Ilmu Ekonomi Fakultas Ekonomi dan Bisnis UNP. Selain itu melalui PKS ini yang menjadi harapan kita adalah untuk meningkatkan kualitas mahasiswa. (IY, NZR, AL)