MAHASISWA EP MENJADI JUARA LOMBA ESSAY YANG DIADAKAN PUSAT KAJIAN PANCASILA UNP

Dalam rangka memperingati hari pancasila yang jatuh pada bulan Juni besok, Pusat Kajian Pancasila Universitas Negeri Padang mengadakan Lomba dengan mengangkat tema Aktualisasi Nilai-nilai Pancasila dalam Membangun Solidaritas Sosial Kebangsaan menghadapi Pandemi Covid-19. Ada tiga kategori lomba yang diangkatkan, Lomba Pidato, Lomba Animasi dan Lomba Essay. Lomba ini dapat diikuti oleh semua Universitas yang ada di Indonesia.

Mengambil Kategori Lomba Essay, Farid Husein menjadi satu satunya perwakilan dari mahasiswa Jurusan Ekonomi Pembangunan FEUNP yang mendapatkan penghargaan sebagai Juara . Mengangkat tema Aplikasi Rmc-19 (Relawan Milenial Covid-19) : Implementasi Nilai-Nilai Pancasila Di Era Milineal Dalam Upaya Percepatan Penanganan Covid-19, Farid menekankan akan kurangnya kesadaran masyarakat tentang bahayanya covid-19 yang diakibatkan oleh kurangnya edukasi dan didukung oleh menyebarnya berita hoaks sehingga diperlukan solusi alternatif yang mengandung nilai nilai pancasila yang saat ini perlu ditingkatkan implementasinya di kalangan generasi milenial. Solusi yang dimaksud adalah ide pembuatan aplikasi RMC-19 sebagai respon dari permasalahan dan peluang yang ada. Aplikasi RMC-19 merupakan aplikasi yang bertujuan untuk memberikan edukasi kepada masyarakat agar masyarakat paham dengan seluk-beluk Covid-19. Tujuan lain dari aplikasi ini adalah mewadahi generasi muda, khususnya generasi muda untuk menjadi relawan yang terkoneksi dengan internet sesuai dengan latar belakang keilmuan mereka sehingga aplikasi ini merupakan jalan untuk kembali menyuburkan nilai-nilai luhur pancasila yang bermuara pada peningkatan rasa cinta pada tanah air,
Indonesia.

Dari hasil pemikiran tersebut, Farid Husein berhasil mendapatkan Juara 3 dalam Kategori Lomba Essay. Semoga prestasi yang diukirkan Farid bisa menjadi motivasi bagi mahasiswa jurusan Ekonomi Pembangunan lainnnya.